Pameran Penelitian LPM Penalaran UNM di Dies Natalis UNM ke-52

Table of Contents

Dies Natalis
Dies Natalis merupakan hari ulang tahun berdirinya satu lembaga pendidikan tinggi, yang mana pada hari Kamis (1/8/2013) Universitas Negeri Makassar merayakan Dies Natalisnya yang ke-52, bertempat di ruang teater Gedung Pinisi lt. 3. Kegiatan akbar UNM ini dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan. Dies natalis pada tahun ini mengusung tema "Pendidikan Integratif untuk Kemaslahatan Bangsa", sebuah tema yang mengandung makna sebuah penggabungan serta pengkoordiniran elemen-elemen pendidikan dalam penerapannya untuk menciptakan kemaslahatan bagi bangsa. Segenap civitas akademika UNM menyambut suka cita perayaan dies natalis tersebut, dan dimeriahkan dengan diadakannya pasar murah di dalam lingkungan kampus yang dilaksanakan selama 5 hari mulai dari tanggal 1 sampai 5 Agustus 2013. 

Pameran Penelitian LPM Penalaran UNM
Gambar 1 Pameran Hasil Penelitian Mahasiswa UNM
Salah satu bentuk antusiasme civitas akademika dengan perayaan dies natalis UNM adalah dengan melaksanakan pameran penelitian yang dilakukan oleh salah satu unit kegiatan mahasiswa Universitas Negeri Makassar, Lembaga Penelitian Mahasiswa(LPM) Penalaran UNM yang bekerja sama dengan pihak penyelenggara dies natalis. Pameran ini mendapatkan apresiasi yang besar dari para pengunjung yang menyempatkan diri untuk melihat-lihat banner penelitian yang dipajang.

Pameran penelitian ini menampilkan hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh Bidang Penelitian dan Pengembangan LPM Penalaran UNM. Ada tujuh penelitian yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut yaitu :

Gambar 2 Pameran Penelitian oleh LPM Penalaran UNM
  • Studi penyesuaian diri masyarakat asli desa Bone- Bone Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang dibalik pemberlakuan peraturan desa kawasan bebas asap rokok,

  • Potret Pergeseran Makna Budaya Ma’nene Di Kecamatan Baruppu Kabupaten Toraja Utara Provinsi Sulawesi Selatan,

  • Pengaruh Tindak Tutur dalam Komunikasi Politik Terhadap Keterpilihan Seorang Tokoh Elit Politik (Studi Perilaku Masyarakat Kota Makassar Dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2013),

  • Pola interaksi manusia berjari mappakka’ dengan masyarakat sekitar di Dusun Ulutaue, Desa Mario Kecamatan Mare’ Kabupaten Bone,

  • Uji Efektivitas Ekstrak Kayu Sepang (Caesalpinia sepang L) Terhadap Tingkat Penuruanan Kadar Glukosa Mencit (Mus musculus),

  • Representasi Tuturan Calon Gubernur Sulawesi Selatan Menjelang Pemilihan Gubernur 2013 (Suatu Analisis Wacana Kesopanan Berbahasa),

  • Pengaruh citra Universitas Negeri Makassar (UNM) terhadap daya serap lulusan UNM di perusahan-perusahaan besar di kota makassar.

Yang menarik adalah kisah dibalik pengerjaan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh anggota Litbang LPM Penalaran UNM tersebut, banyak suka maupun duka yang mereka hadapi dalam menyelesaikan semua penelitian diatas. Mulai dari minimnya biaya pelaksanaan sampai pada penjelajahan medan yang berat untuk mengumpulkan data penelitian. Namun dengan kesabaran serta ketekunan kendala-kendala yang mereka hadapi dapat teratasi, dan mampu menyelesaikan semua penelitian tersebut diatas.

Sebuah Bukti kepada Masyarakat
Gambar 3 Salah seorang mahasiswa UNM menjelaskan hasil penelitiannya
Karena Nila setitik rusak susu sebelanga, pepatah ini mungkin cocok untuk menggambarkan kondisi mahasiswa UNM sekarang ini. Tindak kekerasan dan anarkisme yang dilakukan oleh segelintir mahasiswa UNM beberapa waktu yang lalu mungkin telah membangun stigma negative tentang mahasiswa dan kegiatan-kegiatan yang mereka laksanakan, masyarakat memandang bahwa semua mahasiswa UNM adalah sama, pecinta tindakan kekerasan dan anarkisme. Ditengah stigma tersebut kegiatan-kegiatan penelitian yang dilakukan oleh LPM Penalaran UNM ini menjadi sebuah bukti bahwa masih banyak sisi positif dari mahasiswa UNM yang bisa di tonjolkan sebagai sebuah prestasi.
Masih banyak sisi positif yang belum dilihat oleh masyarakat tentang gambaran mahasiswa UNM, tentang kegiatan-kegiatan mereka, tentang prestasi mereka, karena tertutupi oleh pemberitaan-pembertitaan aksi demo, tawuran dan tindakan anarkisme yang dilakukan oleh hanya sebagian kecil mahasiswa UNM tersebut, yang jika ingin kita reprsentasekan dari hanya 25% berbanding 75% mahasiswa lainnya yang melakukan banyak hal positif.

Bukan pula merupakan kesalahan masyarakat jika terbangun stigma negative seperti itu, karena media banyak memberitakan hanya pada sisi negative dari kegiatan mahasiswa UNM. Masyarakat mungkin tidak tahu tentang mahasiswa UNM yang berhasil lolos dalam pertukaran pemuda antar Negara di Kanada, tentang mahasiswa UNM yang lolos mengikuti Kapal Pemuda Nusantara, tentang mahasiswa UNM yang lolos mengikuti kegiatan nasional Sekolah Anti Korupsi, tentang mahasiswa UNM yang mengisi waktu luang mereka dengan melakukan penelitian dan diskusi ilmiah, dan masih banyak lagi prestasi-prestasi yang mungkin tidak terpublish di media. 

Sebagai mahasiswa UNM banyak jalan yang bisa kita tempuh dalam menyebarkan berita positif tentang UNM, menulis melalui Koran, Blog, ataupun menyebar dokumentasi kegiatan yang positif di youtube. Dan salah satu langkah yang mudah adalah dengan mengirim tulisan-tulisan terkait kegiatn-kegiatan positif yang dilakukan mahasiswa melalui situs cinta damai di http://cintadamai.or.id/.

Semoga melalui moment perayaan setengah abad keemasan berdirinya Universitas Negeri Makassar ini dapat menjadi sebuah langkah dalam mengalahkan stigma negative dari masyarakat dengan menyebarkan sebanyak mungkin pemberitaan positif tentang mahasiswa UNMyang mungkin masih belum diketahui oleh masyarakat banyak.

UniversitasNegeri Makassar, Tetap Jaya dalam Tantangan”

1 comment

obat herbal penyakit October 29, 2013 at 7:39 PM Delete
dari pameran biasanya kita bisa menemukan hal2 baru yang belum kita ketahui