Free Bike Adelaide

Table of Contents
Basineng, sekarang aku punya hobi baru, bersepeda.

Aku selalu ingat ketika kita masih duduk dibangku sekolah, waktu itu kita masih kelas tiga SD, dan kita baru saja selesai menghabiskan satu pasta gigi rasa strawberi yang akan kita gunakan untuk praktik sikat gigi pada jam ketiga. 


Kau bercerita tentang keinginanmu untuk bisa membeli sepeda, barang mahal yang pada masa kita dulu adalah hal mengagumkan untuk dimiliki. Aku hanya tersenyum sembari menimpali perkataanmu dengan ejekan. Bukannya tidak mungkin, tapi dengan uang hasil jualan bakwan yang kita kumpul setiap hari sekolah paling tidak kita akan butuh waktu setahun untuk bisa membeli sebuah sepeda, itupun kalau kita tidak punya kelas praktik yang mengharuskan kita membawa pasta gigi lagi.


Dan lagi, mungkin kau lupa bahwa salah satu kekurangan kita tinggal di Malakaji adalah akan sulit bagi kita untuk melakukan beberapa aktifitas tertentu, dan salah satunya adalah bersepeda. Kita tidak pernah bersepeda, bukan tentang sepedanya yang memang tidak kita miliki, tetapi tinggal di daerah perbukitan berarti jalan mendatar akan lebih sedikit dibandingkan jalan terjalnya.

Satu jalan mendatar berbanding sepuluh jalan menanjak. Mungkin bisa menjadi analogi sekaligus penggambaran bagaimana kondisi jalanan di Malakaji. Dan itu berarti jika kita ingin bersepeda, kita harus mempersiapkan betis besi paha baja untuk bisa mengayuh sepedanya di jalan yang menanjak. Mungkin ini juga menjadi salah satu alasan kenapa tidak ada satupun becak yang bisa kita temukan di Malakaji. 

Aku hanya berharap suatu saat nanti aku bisa bertemu kembali denganmu dengan membawa sebuah sepeda untuk bisa kau pakai di Malakaji. Tapi sebelum itu, aku ingin menceritakan pengalamanku disini Basineng.

Basineng, di Adelaide, aku bisa sepuasnya bersepeda tanpa harus membeli sepeda. Tak jauh dari Victoria Square, tepatnya di Carrington Street, terdapat tempat dimana kau bisa menggunakan sepeda dengan gratis yang bisa digunakan untuk berkeliling Adelaide. 

Namanya Bicycle SA, terletak di jalan Carrignton street no. 53. Fasilitas yang memudahkan turis atau pelajar yang ingin berkeliling Adelaide dengan lebih santai. Dan untuk meminjam sepeda disini, syaratnya cuma satu, titip pasport atau SIM. Sangat mudah bukan? kita tidak perlu lagi menabung selama setahun dari uang hasil jualan bakwan Basineng. 

Tapi, disini kita harus berhati-hati dalam bersepeda Basineng. Mulai dari perlengkapan seperti helm sampai pada jalur sepeda yang tidak boleh kita langgar. Kau tahu, denda untuk pengguna sepeda yang tidak menggunakan helm disini bisa sampai AUD 98, kalau di hitung-hitung sekitar satu juta lebih. Jadi kita bisa kena denda sebanyak satu juta lebih hanya karena tidak menggunakan helm. Belum lagi jika lupa menggunakan lampu sepeda pada malam hari atau cuaca yang buruk, kita bisa kena denda sekitar AUD 58, atau sekitar enam ratus ribu rupiah.  Berapa ratus bakwan yang harus kita jual untuk bisa membayar denda itu Basineng.


Ada banyak aturan yang harus kita patuhi disini Basineng, tidak seperti di Malakaji, satu-satunya peraturan adalah kau tidak merusak tanaman atau ladang labu siam warga, dengan itu kau sudah aman menggunakan sepeda dimanapun. 

Aku sangat berharap bisa bersamamu disini, berkeliling menikmati rimbunnya dedaunan yang memerah saat musim gugur, atau menikmati luasnya langit Adelaide dikala musim panas. Ada banyak spot yang instagramable untuk kau masukkan dalam instagrammu yang isinya cuma promosi sirup markisa.

Semoga suatu saat nanti, kita bisa disini bersama. Mewujudkan satu lagi keinginan masa kecil kita.

Post a Comment